Rabu, 06 Mei 2009

panitia

apa sih yang ada di pikiran lo begitu baca kata 'panitia'?
kalo gue begitu baca kata 'panitia'..yg pertama terlintas di otak gue 'keren'. knp keren? ya karena emang keren!
coba deh..lo ke JaJazz. dan menemukan anak muda berkaos hitam dan di belakangnya bertuliskan 'CREW'? keren kan? yakan yakan? ato gag lo ke pensi yg uda ngetop..trus ada orang yg berseliweran bertuliskan 'CREW' dibelakangnya. keren kan?
kalo gue..mikir itu keren.
maksud gue..man, gila lo! keren banged sih..bisa bikin acara se-wah dan sebagus ini?
dan, ini terlepas dari seberapa 'berat' mreka kerja yaa..yg pasti bgtu lyat kata" 'panitia'..gue langsung mikir itu keren.

kedua setelah keren, gue mikir 'cape'. knp cape? ya karena emang cape!
dibalik kesuksesan sebuah acara..pasti ada sekelompok orang" hebat yg bisa bikin acara sebagus itu. dan yg dipuji" panitianya kan? klo mau lebih generalisasi lagi..pasti yg ditanya langsung 'ketuanya siapa? keren!'
si ketua langsung di elu"kan. karena telah bikin acara besar dan sukses lagi.
gag cuma besar doank..klo kecil, trus sukses..pasti orang juga suka kan?
yakan?

pernah gag si..lo mikirin kayak apa 'cape'nya jadi panitia yg bikin acara besar?
gue yakin banged..klo ada acara yg sukses, panitianya pasti cape banged.
iyalahh..mereka kan uda ngerancang ini acara dari jauh" hari. belom lagi pas hari H. mereka malah mikirin acara nya. berjalan lancar atau nggag? sound system gimana? pengisi acara uda siap belom? tanpa mereka bisa MENIKMATI acara yg udah mereka bikin.
bisa sih..klo gawe mereka gag berat" amat pas hari H.
contohnya bidang danus, humas, dll.

uda gitu, pernah kan..waktu sma lo ikud acara. LDKS misalnya. yg mengharuskan lo nginep di gunung. ato kemping di sawah.
trus, lo ngeluh" cape..dan guru lo bilang 'kalian cape? SAMA! malahan, panitia jauh lebih cape daripada kalian!'
pernah kan? waktu SMP gue pernah digituin.
dan, sekarang gue ngerasain. jadi panitia itu jauh lebih cape daripada peserta.

dan yang sangat gue salutin..panitia ini rela kerja. buat nyenengin orang..buat acara yg sukses.
tanpa DIBAYAR saudara". sekali lagi ah..
tanpa DIBAYAR saudara". lagi deh..biar pas..
tanpa DIBAYAR saudara". buahahahahhaha..iseng abis. :P

ini maksud gue. tanpa dibayar alias FREE.
panitia rela kerja..nyisain waktu yg uda sedikit buat rapat lagi. belom lagi klo ada masalah internal. belom lagi klo tiba" si pengisi acara batal. belom berantem"nya pas di panitia.
yang tadinya temen..karena beda pendapat jadi agag jauh.
yang tadinya musuh..karena sama pendapat jadi sahabat. *yg ini mah bagus donk yah?*

hari gini? dimana orang berebut ingin menaikkan gaji mereka.
tapi panitia" itu tetep rela kerja, repot..tanpa dibayar. paling mereka dibayar sama kaos yg dikasi, trus makan siang. siasanya? FREE!
malah..kadang" ada yg panitia justru nombokin. untuk dana awal dll.

tapi, begitu acara selesai dan sukses.. capeknya para panitia TERBAYAR!
ini gue serius. klo lo pernah jadi panitia, trus acara lo sukses. dan berhasil membuat orang tersenyum di langkah pulangnya. membuat acara lo dibritakan karena kesuksesannya.
itu semua BERARTI banged.
lupa langsung sama capenya kesana kemari..lupa sama berantem"nya di internal panitia. lupa sama uang yg uda di sumbangin ke modal awal. lupa sama negosiasi yg lo pertahankan sama pihak sponsor.
itu semua TERBAYAR gitu aja. cuma karena kesuksesannya suatu acara.
dan rasanya?

PUAS BANGED!

gue gag akan bisa ngejelasin rasanya. karena itu bener" seneng. puas. lega. haru. semua campur aduuk!
bikin lo bisa senyum" selama ngeberesin venue. bikin lo ketawa pas nginget adegan berantem. bikin lo kangen saat" rapat.

inti post gue kali ini..
buat lo yg belom pernah jadi panitia suatu acara..COBAIN DEH!
gue yakin..lo akan merasa apa yg gue rasain. emang cape di awal. tapi diakhir itu rasanya puas banged.
dan buat aktivis kampus yg udah biasa bikin acara..tambah semangat lagi! kita ini agent of change. bikin acara yg gag cuma menyenangkan, tapi juga mencerdaskan.

HIDUP MAHASISWA!

Tidak ada komentar: